Kontribusi Chatime Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup

Kontribusi Chatime Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup

Artikel
23 Februari 2024

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelanggan dan lingkungan, Chatime yang merupakan merek usaha dalam naungan F&B ID, bagian dari Kawan Lama Group, sejak tahun 2022 melaksanakan Gerakan SAPU PLASTIK, yang bermakna berSAma kumPUlkan PLASTIK. Dalam program ini, Chatime menyediakan lebih dari 30 dropbox yang tersebar di Jabodetabek untuk membuang bekas botol dan gelas plastik. Adapun sampah plastik yang terkumpul dari program ini didaur ulang menjadi barang yang memiliki nilai jual, seperti tas, dompet, sajadah, hingga tempat tidur hewan peliharaan. Gerakan SAPU PLASTIK merupakan bagian dari upcycling dalam mendukung ekonomi sirkular, dengan tujuan untuk mengolah produk yang sudah tidak terpakai menjadi produk baru yang dapat digunakan kembali.

Hingga Februari 2024, atau dua tahun sejak gerakan ini dimulai, telah terkumpul lebih dari 2.500 kg sampah plastik atau setara 150.000 gelas dan botol plastik.  

Lany Cucu, General Manager Marketing F&B ID, menjelaskan, “F&B ID melalui Chatime berkomitmen untuk turut menjaga keberlanjutan lingkungan, antara lain melalui beragam program yang kami laksanakan. Mulai dari Gerakan SAPU PLASTIK yang mendaur ulang bekas gelas dan botol plastik menjadi produk bernilai jual, kami juga menghadirkan Eco Cup - gelas dari kertas yang mudah terurai, serta program Bring Your Own Tumbler. Semua aksi lingkungan ini bertujuan untuk mengurangi sampah, yang tentunya membutuhkan dukungan dari para Chatimers agar dapat berjalan dengan maksimal.”