ACE Salurkan 772.000 Masker IRIS Ke 55 Pemerintah Kota di Indonesia

ACE Salurkan 772.000 Masker IRIS Ke 55 Pemerintah Kota di Indonesia

COVID-19, Artikel
22 Maret 2022

Pandemi yang telah berlangsung di negeri ini sejak Maret 2020 membutuhkan kepedulian serta partisipasi dari semua pihak untuk bersama-sama memutuskan rantai penyebaran virus COVID-19, antara lain melalui penerapan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan semangat memberikan nilai tambah untuk kehidupan yang lebih baik, Kawan Lama Group melalui unit bisnis ACE bekerjasama dengan IRIS OHYAMA – perusahaan terkemuka dari Jepang yang memproduksi perlengkapan rumah tangga, wadah penyimpanan plastik, hingga masker – mendonasikan 772.000 masker IRIS 3-ply yang memiliki daya filtrasi hingga 99%.

Adapun donasi disalurkan kepada 55 pemerintah kota di Indonesia secara bertahap, yaitu Aceh, Medan, Jambi, Padang, Pekanbaru, Bengkulu, Pangkal Pinang, Dumai, Batam, Palembang, Lampung, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Cirebon, Bandung, Sumedang, Tasikmalaya, Cilegon, Kudus, Solo, Semarang, Tegal, Purwokerto, Sleman, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Sidoarjo, Gresik, Jember, Mojokerto, Madiun, Kediri, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Banjarbaru, Denpasar, Lombok, Gorontalo, Kendari, Kupang, dan Ambon. Rangkaian kegiatan penyaluran masker dimulai pada 7 Desember 2021 di Jakarta Utara dan telah ditutup pada 21 Februari 2022 dengan penyerahan masker ke Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko di kantor Wali Kota - yang menyampaikan, “Terima kasih atas dukungan berupa masker medis yang sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini. Masker akan segera kami distribusikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.”

Tak hanya itu, saat masa darurat bencana akibat adanya erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021, ACE dan IRIS OHYAMA pada tanggal 9 Desember juga menyalurkan 25.000 masker untuk membantu melindungi kesehatan warga setempat dan para relawan yang berada di area pengungsian, yang kemudian dilanjutkan dengan donasi keperluan sehari-hari dan produk lainnya - termasuk pengiriman relawan Kawan Lama Group untuk menyelenggarakan berbagai program trauma healing bagi anak-anak di lokasi pengungsian.

Program Donasi 772.000 Masker IRIS untuk 55 Pemerintah Kota di Indonesia mendapatkan dukungan penuh dari Kawan Lama Foundation - yayasan yang menaungi semua kegiatan sosial Kawan Lama Group dan diwujudkan melalui serangkaian aksi berkelanjutan yang termasuk ke dalam empat pilar, yaitu: kemanusiaan, pendidikan, lingkungan, dan pengembangan masyarakat.

“Berkat berbagai usaha yang diupayakan bersama oleh semua pihak, angka penyebaran dan kasus aktif harian COVID-19 di Indonesia berhasil dikendalikan dan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun dapat dilonggarkan. Kini, berbagai aktivitas luar rumah seperti kegiatan perkantoran dan pembelajaran tatap muka juga mulai dibuka kembali. Harapan semua pihak, tentunya, agar situasi ini dapat terus terkendali. Untuk itulah, sebagai bukti nyata dari kepedulian penanggulangan COVID-19 di Tanah Air, ACE bersama IRIS OHYAMA menginisiasi program donasi masker ke berbagai kota di Indonesia. Program ini pun sejalan dengan komitmen ACE yang konsisten berkontribusi terhadap pemulihan kesehatan di Indonesia,” demikian pernyataan Tarisa Widya Krisnadi – Managing Director PT Ace Hardware Indonesia, Tbk.

Akihiro Ohyama selaku Presiden IRIS OHYAMA mengatakan, “Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan ACE yang berperan aktif dalam memberikan kontribusi sosial untuk situasi Indonesia yang lebih baik. Harapan kami, tentunya melalui program ini, masyarakat dapat terus menerapkan protokol kesehatan, mengingat aktivitas di luar rumah kini perlahan mulai kembali ke situasi pra-Pandemi.”

Sejak tahun 2020, Kawan Lama Group telah memberikan dukungan terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia berupa 26.400 hazmat, 414 thermogun, 777.800 masker medis, 8.500 sarung tangan, 325 face shield, 500 liter hand sanitizer, 3.200 mainan edukatif, dan keperluan medis lainnya ke Wisma Atlet dan rumah sakit lainnya.