Kawan Lama Group Peduli  Warga Terdampak Erupsi Semeru

Kawan Lama Group Peduli Warga Terdampak Erupsi Semeru

Artikel
19 Januari 2022

Erupsi Gunung Semeru pada tanggal 4 Desember 2021 lalu menyisakan kesedihan bagi warga Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Mulai dari timbulnya korban jiwa dan luka, kehilangan tempat tinggal serta fasilitas umum, terganggunya aktivitas warga – bahkan para korban harus tinggal di pengungsian, hingga trauma yang mendalam, khususnya bagi anak-anak.

Kawan Lama Group menggalang donasi dari karyawan berupa selimut, pakaian - termasuk pakaian dalam, pembalut wanita, perlengkapan bayi seperti popok sekali pakai, susu formula dan biskuit bayi, buku bacaan, buku dan alat tulis, serta mainan - termasuk donasi mainan edukatif dari Toys Kingdom. Sebanyak 14 palet (211 koli/kardus) donasi berhasil dihimpun dari karyawan kantor pusat dan toko di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, hingga Kediri dalam periode 17-23 Desember. Donasi ini kemudian dikumpulkan melalui pusat distribusi Kawan Lama Group di Sidoarjo, Jawa Timur, dan berhasil mengisi penuh satu armada operasional dengan panjang hingga 40 kaki (12 m), yang diberangkatkan ke Kecamatan Candipuro. Selain donasi berupa barang, Kawan Lama Group juga menurunkan 12 orang relawan untuk melakukan program trauma healing. Sebelum penyaluran donasi dan pengiriman relawan Kawan Lama Group ini, ACE melalui Kawan Lama Foundation juga telah mengirimkan 25.000 masker untuk warga dan relawan Semeru pada tanggal 9 Desember saat masa darurat bencana.

Beatrice, Head of Corporate Communication & Sustainability Kawan Lama Group, menjelaskan, "Inisiatif ini kami ambil sejalan dengan tagline Kawan Lama Group yaitu Bring Value for a Better Life, dan salah satu pilar fokus Kawan Lama Foundation, yaitu Kemanusiaan. Selain menggalang bantuan dari karyawan dan menyalurkan donasi bagi warga terdampak, 12 orang karyawan Kawan Lama Group dari Jakarta, Jember, dan Surabaya turun langsung ke posko pengungsian sebagai relawan. Melalui kegiatan ini para relawan hadir untuk menyemangati dan memotivasi anak-anak dan balita melalui storytelling, permainan-permainan, dan membuat Pohon Harapan."

Tampak keceriaan anak-anak di lokasi pengungsian saat mengikuti rangkaian aktivitas dengan antusias namun tetap tertib. Mulai dari mewarnai, mendengarkan cerita, hingga mengikuti berbagai permainan yang seru dan diselingi tawa ceria, antara lain lomba ketepatan melemparkan bola ke wadah, menggelindingkan bola melalui pipa, bermain berpasangan menjaga balon agar tidak jatuh ke lantai, juga saat anak-anak dengan sangat antusias menuliskan impian mereka pada kertas, yang kemudian ditempelkan pada Pohon Harapan. Monique Shintami, relawan dari ruparupa.com – salah satu merek dalam pilar bisnis Commercial Technology dari Kawan Lama Group mengatakan, "Kita mengadakan program trauma healing bersama adik-adik di lokasi pengungsian. Jadi kita bermain, memberikan hadiah, dan aktivitas seru lainnya, dengan tujuan untuk mencoba membantu mereka menghilangkan trauma yang mereka rasakan."

Di lokasi pengungsian, relawan dari Kawan Lama Group bertemu dengan Nurul Hidayati dari PKK Gerbangmas Desa Sumberejo, Kecamatan Candipuro. Ia mengatakan, "Kami sangat berterima kasih atas kehadiran rekan-rekan di posko SMPN 1 Candipuro yang kami bina. Harapan kami, kegiatan trauma healing dari relawan Kawan Lama Grup dapat menumbuhkan kembali semangat anak-anak kami."