Perjalanan Kawan Lama Group Dalam Mengembangkan Pilar Bisnis Food & Beverage

Perjalanan Kawan Lama Group Dalam Mengembangkan Pilar Bisnis Food & Beverage

Artikel
28 April 2022

Ekspansi Kawan Lama Group ke dalam bidang makanan dan minuman di tanah air dimulai pada tahun 2011 melalui berdirinya PT Foods Beverages Indonesia, yang menghadirkan merek Chatime di Indonesia. Lahirnya perusahaan sekaligus menandai berdirinya pilar bisnis Food & Beverage. Untuk memaksimalkan kualitas produk dan pelayanan, juga agar dikenal semakin luas oleh publik, pada 25 Februari 2022 lalu, PT Foods Beverages Indonesia memperkuat identitasnya dengan meresmikan wajah baru bernama F&B ID.

Devin Widya Krisnadi, Business Director PT Foods Beverages Indonesia menyampaikan, “Bahagia itu sederhana. Sesederhana berkumpul bersama yang tersayang sambil menikmati makanan dan minuman favorit. Di sinilah F&B ID hadir dan berkomitmen memberikan kebahagiaan untuk setiap masyarakat Indonesia melalui sajian makanan dan minuman dengan kualitas, layanan, dan inovasi terbaik.”

Chatime adalah penyedia minuman brewed tea yang menggunakan daun teh pilihan berkualitas tinggi dan telah mengantongi sertifikasi halal. Chatime Indonesia menyajikan puluhan menu lezat yang dapat dinikmati segala usia, dari Signature Milk Tea, Smoothies, hingga Coffee & Latte. Mengadopsi konsep penyajian customized drink, konsumen dapat menentukan sendiri gula dan es yang diinginkan serta jenis topping antara lain Pearl, Pudding, hingga Jelly. Hingga April 2022, Chatime di Indonesia telah memiliki lebih dari 400 gerai yang tersebar di lebih dari 50 kota.

Pertumbuhan pesat Chatime menjadi jalan bagi Kawan Lama Group untuk memperluas pasar dengan cara menambah portofolio merek. Cupbop hadir pada tahun 2016 melalui perusahaan yang sama, dengan gerai pertama dibuka di Living World Alam Sutera, dan kini memiliki lebih dari 15 gerai di Jabodetabek dan Surabaya. Cupbop Indonesia merupakan hasil kerjasama antara Kawan Lama Group dengan perusahaan dari Salt Lake City, Utah, USA, tempat asalnya. Dengan konsep makanan barbeque yang disajikan dalam cup, Cupbop ingin menghadirkan “Korean Spirit in a Cup”, sebuah pengalaman unik bagi seluruh pecinta kuliner dan budaya Korea di Indonesia.

Ragam jajanan kekinian favorit kaum milenial semakin bertambah dengan hadirnya Gindaco - merek takoyaki terpopuler di Jepang dengan ciri khas ‘crispy outside, creamy inside’, yang dihadirkan di Indonesia oleh PT Foods Beverages Indonesia untuk memanjakan pecinta kuliner Jepang di negeri ini. Gerai Gindaco yang pertama dibuka pada tahun 2018 di Living World Alam Sutera, dan hingga saat ini terdapat lebih dari 20 gerai Gindaco di Jabotabek dan Surabaya.

Untuk memberikan affordable luxury experience melalui menu dan suasana yang lebih premium, namun dengan harga tetap terjangkau, Chatime Atealier dibuka pada tahun 2019 sebagai pengembangan dari Chatime. Kata “Atealier” diadaptasi dari Bahasa Perancis yaitu: “Atelier” (baca: a-ti-liye) yang berarti workshop bagi para seniman untuk menghasilkan karya terbaik. Kesan elegan dari Chatime Atealier tampak pada desain logo, dekorasi interior, kemasan, hingga penggunaan mesin nitro yang menghadirkan sensasi dingin dan rasa yang lebih segar pada minuman. Adapun menu eksklusif yang dapat ditemukan pada Chatime Atealier adalah kategori Signature Creation seperti Premium Brew, Milky Way, hingga Artisan (seasonal). Saat ini Chatime Atealier memiliki enam gerai yang berlokasi di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya.

PT Foods Beverages Indonesia, yang telah bertransformasi menjadi F&B ID, berkomitmen untuk menjadi perusahaan Foods & Beverages yang selalu berinovasi dalam segi produk dengan menghadirkan berbagai menu terbaru secara rutin, menjamin keamanan dan kenyamanan para pelanggannya dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan proses pembuatan yang higienis, serta memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Seluruh semangat F&B ID ini tercermin dalam tagline-nya  “serving simple soul-full happiness” dan logonya yang terbaru bernama “happy-con”.

Logo ini terdiri atas tiga lingkaran yang terlihat seperti senyuman, di mana lingkaran kuning (happy yellow) melambangkan semangat F&B ID dalam menyajikan kebahagiaan lewat produk yang berkualitas kepada pelanggan dengan dikelilingi lingkaran ungu (creativiolet) sebagai kreativitas tanpa batas yang menghasilkan suatu pengalaman yang soul-full. Kebahagiaan yang hadir menciptakan senyuman di tengah logo happy-con yang mengekspresikan keceriaan F&B ID ketika melayani pelanggan, layaknya wajah pelanggan setelah merasakan pengalaman bersama merek-merek F&B ID: kenyang dan senang.

Upaya F&B ID agar semakin dikenal oleh publik didukung dengan peluncuran website resmi fbindonesia.com pada 21 April 2022 dan media sosial Instagram @fbindonesia