Meraih Kesuksesan Melalui Management Trainee dari Karir Kawan Lama Group

Meraih Kesuksesan Melalui Management Trainee dari Karir Kawan Lama Group

Artikel
9 Oktober 2023

Perkembangan bisnis ACE, INFORMA, Toys Kingdom, dan merek usaha lainnya yang termasuk bagian dari Kawan Lama Group tentunya perlu didukung dengan ketersediaan sumber daya manusia profesional sebagai aset utama. Melihat hal tersebut, pada tahun 2016, Direktorat Human Capital Kawan Lama Group membentuk program Management Trainee  (MT). 

Management Trainee Kawan Lama Group adalah program akselerasi untuk talenta muda yang ingin mengembangkan diri dan memberi dampak bagi perkembangan bisnis dalam peranan sebagai pemimpin. Program ini dilengkapi pengembangan untuk mengasah kompetensi dan kepemimpinan, untuk dipersiapkan mengisi posisi manajerial yang ditempatkan pada area operasional bisnis yang tersebar di Indonesia. Program yang terdiri dari tiga fase dengan evaluasi pada akhir fase ini menawarkan berbagai manfaat, antara lain jenjang karir yang lebih cepat, hingga kesempatan mengikuti program pengembangan karir. 

Pada November 2016, dimulai batch (angkatan) pertama program Operational Management Trainee (OMT), yang difokuskan bagi lulusan S1 berusia maksimal 24 tahun dengan IPK minimal 3.00 yang memiliki value I AM ELITE (Innovative, Accountable, Mastery, Excellence, Leadership, Integrity, Teamwork, Enthusiasm) dan problem solving, juga memiliki minat tinggi untuk memperluas jaringan sosial serta aktif dalam organisasi. 

Setelah melalui proses seleksi ketat oleh tim talent acquisition, para pelamar yang terpilih (trainee) akan menjalani masa pelatihan selama 12 bulan, mulai dari soft skill dan hard skill secara komprehensif, hingga pengalaman in-class di Head Office dan on the job training di berbagai unit bisnis Kawan Lama Group, seperti toko ACE, INFORMA, dan Toys Kingdom. Melengkapi program pelatihan, terdapat juga berbagai sesi di luar ruangan  seperti kunjungan ke distribution center dan kegiatan pengembangan karakter. Hingga pertengahan tahun 2023, program OMT telah menghasilkan 12 batch dan sedang berjalan batch ke-13. 

Dalam dunia ritel, selain operational, bidang merchandising juga memegang peranan vital dan dibutuhkan sebagai garda depan karena berperan dalam pembelian dan pengembangan produk sesuai tren market dan kebutuhan pelanggan, termasuk juga strategi penentuan harga, cara menyiapkan displai produk di toko, hingga strategi promosi sebagai cara mencapai target penjualan.

Melihat efektivitas program OMT, Kawan Lama Group pun meluncurkan Merchandising Management Trainee (MMT) yang dimulai pada November 2021. Jika OMT diarahkan untuk menjadi karyawan yang bekerja di toko ACE, INFORMA, Toys Kingdom, dan lainnya, maka MMT difokuskan untuk mengisi posisi Buyer, Merchandiser, Inventory Planner, dan Category Management pada Divisi Merchandising di Head Office.

Para trainee mengikuti pelatihan selama 12 bulan, di mana mereka mendapat pembekalan pengetahuan dan sharing pengalaman terkait business process, merchandising management, dan leadership. Tidak hanya itu, mereka juga diberi bimbingan dan pendampingan dari para expert dalam berbagai bidang melalui pelaksanaan project assignment yang mewajibkan trainee membuat suatu project inovasi untuk kemudian diuji sebagai syarat kelulusan. Setelah menyelesaikan seluruh program pelatihan, 14 orang trainee dari batch perdana ini merayakan graduation ceremony pada bulan Desember 2022. Menyusul batch perdana, program MMT batch ke-2 telah selesai pada Februari 2023.

Lukni, peserta OMT batch 2 yang kini menjabat Store Operation Manager ACE menyatakan, "Program OMT Kawan Lama Group tidak hanya memberikan pembelajaran yang sangat baik, namun juga secara sistematis memberikan suatu pemahaman dan pengalaman untuk menjadi seorang future leader yang berani, mampu beradaptasi dalam segala hal, piawai dalam berstrategi dan berinovasi, serta memiliki kemampuan teknis dan analytical thinking mumpuni."

Hal serupa disampaikan oleh Desmonda, lulusan MMT batch 1 yang saat ini menjabat sebagai Buyer INFORMA, “Program MMT yg saya ikuti membuat saya lebih memahami proses bisnis dari hulu ke hilir terutama di dalam merchandising. Selain secara knowledge, program MMT ini membuat saya siap secara emotional dan soft skill untuk terjun dalam dunia kerja dan menyiapkan diri saya sebagai future leader.”

Sandra Hardjana, Human Capital Director Kawan Lama Group, menyampaikan, “Seiring pertumbuhan bisnis Kawan Lama Group yang cepat, kami dihadapkan pada tantangan bagaimana memenuhi dan mengembangkan SDM yang kompeten sebagai kunci penting dalam organisasi, baik dalam bisnis saat ini maupun mempersiapkan business leader di masa mendatang. Berangkat dari culture human centric dan ever learning organization, kami memfasilitasi sekaligus mendorong setiap karyawan untuk terus mengembangkan diri. Tak hanya puas dengan pencapaian saat ini, namun terus belajar hal-hal baru dan menciptakan berbagai inovasi. Dengan demikian, setiap karyawan juga turut serta memberikan kontribusi maksimal bagi pertumbuhan bisnis Kawan Lama Group. Tantangan lainnya adalah bagaimana kami bisa mendapatkan para talenta muda yang kompeten untuk mendukung keberlanjutan bisnis, dengan tetap menjaga karakter dan value yang sesuai. Hal ini kami lakukan melalui berbagai program, mulai dari perekrutan reguler karyawan, internship/pemagangan yang bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan ataupun komunitas belajar, dan juga program-program akselerasi melalui Management Trainee. Kawan Lama Group memastikan kehadiran berbagai unit bisnis dalam naungannya merupakan wujud komitmen untuk terus memberikan nilai tambah bagi kehidupan yang lebih baik.”