Meningkatkan Kualitas Lulusan Siap Kerja Melalui Pengembangan Pendidikan Vokasi

Meningkatkan Kualitas Lulusan Siap Kerja Melalui Pengembangan Pendidikan Vokasi

Artikel
22 Agustus 2022

Kawan Lama Sejahtera (kini bernama Kawan Lama Solution) dengan pengalaman lebih dari 65 tahun di bidang teknik dan permesinan industri adalah bagian dari Kawan Lama Group dalam pilar bisnis Commercial & Industrial, yang aktif mendukung terciptanya lulusan siap kerja berkualitas untuk memenuhi kebutuhan dunia industri. Melalui visi World Class Company yang salah satu poin di dalamnya adalah “sharing industrial expertise”, Kawan Lama Sejahtera memberikan dukungan dalam pengembangan pendidikan vokasi melalui berbagai kegiatan edukasi untuk siswa dan guru, antara lain mengadakan seminar bertema industri, Kompetisi Metrologi Siswa SMK Nasional, Kompetisi Metrologi Guru Tingkat Nasional, Kompetisi Metrologi Politeknik, partisipasi dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi dan Nasional, hingga MoU dengan Kemendikbud.

Dalam kegiatan LKS SMK Tingkat Nasional dan Provinsi contohnya, Kawan Lama Sejahtera memberikan dukungan berupa alat tes praktik untuk digunakan dalam kompetisi, baik metrologi, welding, machinery, termasuk juga serangkaian pelatihan menghadapi lomba. Tak hanya pelatihan menghadapi LKS, dilakukan juga pemberian produk Nilfisk High Pressure Cleaner ke sekolah-sekolah di berbagai wilayah Indonesia, yang pendistribusiannya dilakukan secara bertahap. Produk ini selain digunakan untuk membersihkan lingkungan sekolah agar bersih dan nyaman, juga bermanfaat untuk kebutuhan praktek. Dukungan juga diberikan dengan menerima kunjungan dari siswa pendidikan vokasi, yang antara lain dilakukan pada 23 Juni 2022 lalu, di mana lebih dari 100 siswa dan enam guru dari SMKN 36 Jakarta berkunjung ke showroom Kawan Lama Sejahtera di Jababeka. Dalam acara ini, para pengunjung menerima edukasi terkait dunia industri dan berkenalan langsung dengan beraneka peralatan, sehingga dapat mengenal alat dan mesin yang digunakan di industri, untuk melengkapi pendidikan berupa teori yang telah diterima pada bangku sekolah.

Sadewa Sri Atmaja, Siswa SMKN 5 Tangerang Selatan - Pemenang LKS Provinsi Banten 2022 mengatakan, "Sebelum hari H, saya sempat survei ke tempat perlombaan. Kebetulan di sana ada teknisi Kawan Lama Sejahtera sedang setting mesin lasnya. Jadi di sana saya diajari cara mengatur ampere mesin las, kecepatan kawat las, cara pengelasan, dan proses hasil akhir pengelasan. Ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat untuk masa depan. Saya siap untuk memasuki dunia industri yang mana pengelasan pipa minyak atau gas, atau pipa untuk tekanan yang besar memerlukan welder profesional. Saya juga ingin membangun bengkel bersama teman-teman saya."

Yessi Febrina, S.Pd, Guru Program Keahlian Teknik Mesin SMK Yuppentek 1 Tangerang juga menyampaikan apresiasinya, “Kemarin pada saat lomba, kami menyadari bahwa peserta lomba tidak semuanya memiliki fasilitas yang sama sesuai dengan dunia industri yang sebenarnya. Dan ketika kami mengikuti Lomba Kompetensi Siswa, di sanalah kami bertemu dengan alat-alat yang di-support oleh Kawan Lama Sejahtera, yang pada dasarnya mungkin hampir sama tapi teknologinya sudah lebih berkembang. Itu juga menjadi nilai tambah buat para siswa kami agar mereka bisa mengetahui teknologi yang sesuai dengan perkembangan industri saat ini. Jadi itu juga menjadi motivasi kami untuk memberikan pengalaman belajar buat siswa."

Sebelumnya, dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MOU) antara PT Kawan Lama Sejahtera dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud pada tanggal 3 Mei 2021, Wikan Sakarinto selaku Dirjen Pendidikan Vokasi menyambut baik adanya kerjasama yang erat ini, “Link and match antara vokasi dan industri kami mantapkan melalui kerjasama ini. Harapannya kita semua dapat semakin bergotong royong menciptakan lulusan yang supermatch, dengan kompetensi yang sangat cocok dengan kebutuhan dunia kerja. Mulai dari penyusunan kurikulum, pengajaran bersama, magang, sertifikasi kompetensi, sampai training guru dan dosen oleh Kawan Lama Sejahtera, dan sebagainya, semua kita lakukan bersama. Indonesia bangga memiliki Kawan Lama Sejahtera, perusahaan Merah Putih yang akan mendunia dengan kekuatan potensi SDM-SDM Indonesia yang kompeten dan kita ciptakan bersama.“

Albertus Primusanto, Direktur PT Kawan Lama Sejahtera menuturkan, "Kawan Lama Sejahtera bergerak di dunia peralatan teknik, tentu saja yang kami berikan pelatihannya terkait bidang yang kami kuasai dan yang kami berikan itu di bidang metrologi atau alat ukur, kemudian machinery, welding, automotive after market, dan automation/robotic. Di tahun 2010, dengan di-support oleh salah satu principal, kami mengadakan kompetisi metrologi bagi sekolah-sekolah. Waktu itu concern kita sama, yaitu pendidikan di bidang pengukuran perlu di-upgrade dari para lulusan dunia vokasi ini, maka kami mengadakan kompetisi itu.”

Kawan Lama Sejahtera telah melaksanakan rangkaian dukungan untuk pengembangan vokasi sejak tahun 2000, sebagai wujud untuk memajukan dunia pendidikan dengan berbagi ilmu, pengetahuan, dan pelatihan produk-produk teknik yang dimiliki, sehingga tercipta link and match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Bagi yang ingin berwirausaha seperti membuka bengkel pun hal ini bermanfaat, karena penggunaan peralatan industri dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Diharapkan semua hal ini dapat turut mendukung pengembangan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) di tanah air.