Kawan Lama Group Senantiasa Hadir dan Terus Bertumbuh Untuk Indonesia

Kawan Lama Group Senantiasa Hadir dan Terus Bertumbuh Untuk Indonesia

Artikel
1 Maret 2022

Berawal dari sebuah toko perkakas berukuran 3x3 m2 yang didirikan pada tahun 1955 di Glodok, Jakarta Barat, Kawan Lama Group terus bertumbuh hingga kini menjadi bisnis multisektor di Indonesia yang senantiasa melayani masyarakat melalui enam pilar bisnis, 28 merek usaha, 11 pusat distribusi, dan lebih dari 1.000 toko di seluruh Indonesia.

Pertumbuhan pesat selama 67 tahun keberadaan Kawan Lama Group dilandasi semangat memberikan nilai untuk kehidupan yang lebih baik bagi keluarga - dalam hal ini adalah pelanggan, rekanan bisnis, karyawan dan anggota keluarganya, perusahaan lain di berbagai industri, hingga pemangku kepentingan dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan definisi sukses bagi Bapak Wong Jin, Pendiri Kawan Lama Group – yaitu saat diri kita dapat memberikan hidup yang lebih baik untuk keluarga, juga melayani klien dan kolega seperti keluarga.

Adapun untuk mewujudkan hidup yang lebih baik bagi keluarga, Kawan Lama Group konsisten mengembangkan diversifikasi bisnis, produk, dan layanan yang dimiliki, sehingga mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Kawan Lama Group memiliki enam pilar bisnis yaitu Industrial & Commercial, Consumer Retail, Food & Beverage, Property & Hospitality, Commercial Technology, serta Manufacturing & Engineering - yang terdiri dari lebih dari 30 merek usaha antara lain Kawan Lama Solution, Sensorindo, KAESER Compressors Indonesia, Depo Teknik, ACE, INFORMA, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Home Galleria, SELMA, ATARU, Pendopo, Chatime, Gindaco, Chatime Atealier, Cupbop, Living World, Living Plaza, Anumana, ruparupa, Danakini, Golden Dacron, dan Golden Living. 

Pertumbuhan bisnis ini memberikan dampak positif, antara lain berupa penyerapan tenaga kerja yang semakin beragam pula.

Sejalan dengan laju pesat pertumbuhan bisnisnya, beragam aksi sosial dilakukan oleh Kawan Lama Group sebagai rasa tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan - yang diwujudkan melalui serangkaian aksi keberlanjutan, antara lain donasi untuk warga terdampak bencana alam, donasi mobil ambulans, membagikan lebih dari satu juta bibit pohon, perpustakaan keliling, donasi mainan melalui Toys for Kids, dan lain sebagainya. Semua aksi ini dilakukan melalui Kawan Lama Foundation – yaitu yayasan yang menaungi semua aksi keberlanjutan Kawan Lama Group – yang bergerak dengan semangat AKSI “Ayo Kita Sejahterakan Indonesia” dan memiliki pilar pendidikan, lingkungan, kemanusiaan, dan pengembangan masyarakat.

Dalam sebuah kesempatan, Chairman Kawan Lama Group Bapak Kuncoro Wibowo menjelaskan nilai-nilai yang ia warisi dari orangtuanya, termasuk filosofi nama Kawan Lama, "Selain kerja keras, rajin belajar, dan jeli melihat peluang, orangtua juga mendidik kami agar selalu menjaga kepercayaan orang lain. Pemilihan nama Kawan Lama mengandung makna bahwa dalam berbisnis, kami tidak hanya mementingkan laba, namun juga kualitas hubungan dengan segenap relasi bisnis, mulai dari pemasok hingga pelanggan, agar tercipta rasa saling percaya dan terjalin hubungan jangka panjang. Tak hanya itu, ke dalam internal organisasi kami pun, dalam hal ini adalah hubungan dengan para karyawan, aspek human relation sangat kami utamakan, sehingga semua karyawan nyaman bekerja bersama karena merasa seperti satu keluarga besar. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya Kawan Lama Group, motivasi usaha pun bergeser. Saat toko masih kecil, tujuannya sekadar sebagai mata pencaharian. Namun setelah bisnis berkembang pesat, motivasinya berubah, yaitu menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan melalui bisnis, produk, dan layanan kami.”

Sementara Ibu Sandra Hardjana selaku Human Capital Director Kawan Lama Group menambahkan, “Perjalanan panjang dan pencapaian Kawan Lama Group dari hanya sebuah toko menjadi lebih dari seribu toko di seluruh Indonesia, yang diperkuat oleh lebih dari 40.000 karyawan, terwujud berkat komitmen dan kerja keras dari semua pihak yang bersinergi memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan perusahaan. Memasuki tahun 2022, kami memiliki fokus yang berorientasi pada Human-centric dan Terus Belajar, diwujudkan melalui delapan nilai yang kami sebut I AM ELITE yaitu innovative, accountable, mastery, excellence, leadership, integrity, teamwork, dan enthusiasm. Selain itu, Kawan Lama Group dalam kesehariannya juga menerapkan langkah-langkah keberlanjutan yang terangkum dalam payung besar Sustainability for a Better Life  - terdiri dari Sustainable Workforce, Sustainable Workplace, dan Sustainable Business.”