Dukungan Kawan Lama Group Untuk PAUD & Daycare Tunas Muda IKKT Bekasi

Dukungan Kawan Lama Group Untuk PAUD & Daycare Tunas Muda IKKT Bekasi

Artikel
10 Oktober 2021

Menurut survei tahun 2019, satu dari empat anak di Indonesia menderita stunting atau keterlambatan proses tumbuh kembang anak, yang disebabkan oleh kekurangan gizi dan stimulan otak terutama pada masa emas (golden period) yaitu lima tahun pertama anak. Sebagai salah satu bentuk komitmen untuk mempercepat penurunan stunting, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dengan target penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen di tahun 2024 dan target pembangunan berkelanjutan di tahun 2030 berdasarkan capaian di tahun 2024.

Kawan Lama Group turut berpartisipasi dalam program pemerintah, yang diwujudkan melalui dukungan kepada PAUD dan Daycare Tunas Muda IKKT yang berlokasi di Jati Makmur Bekasi, berupa pemberian berbagai perlengkapan operasional pendidikan dan permainan yang telah disalurkan sejak Maret 2020 hingga hari peresmian lembaga pendidikan usia dini tersebut pada tanggal 1 Oktober 2021. 

Chairman Kawan Lama Group, Kuncoro Wibowo mengatakan, “Sebagai salah satu tempat anak usia dini menjalani proses belajar dan bermain, maka fungsi dari PAUD dan Daycare Tunas Muda menjadi sangat penting dalam memaksimalkan kualitas golden period anak. Kawan Lama Group memberikan dukungan berupa perlengkapan pendidikan dan permainan untuk melengkapi fasilitas yang ada. Semoga proses pendidikan di sini dapat berjalan dengan efektif dan turut menunjang tercapainya program pemerintah di bidang penurunan angka stunting di Indonesia.” 

Dalam acara tersebut turut dilangsungkan serah terima donasi berupa perlengkapan operasional pendidikan seperti meja dan kursi belajar, CCTV, aneka permainan dan playground equipment yang dapat menstimulasi motorik kasar dan halus anak mulai usia 2-7 tahun, hingga perlengkapan kebersihan, yang diberikan oleh ACE, INFORMA, dan Toys Kingdom melalui Kawan Lama Foundation.

Donasi meja dan kursi belajar untuk ruang kelas

“Melalui kehadiran PAUD ini, diharapkan mereka menjadi anak yang memiliki karakter, komitmen, dan kedisiplinan seperti TNI, juga mampu mengikuti perkembangan jaman, agar kelak menjadi pemimpin bangsa yang unggul, berkarakter, bijak, serta santun,” kata Ketua Umum Yayasan Tunas Muda IKKT, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto.

Playground equipment outdoor untuk aktivitas fisik seru di luar ruangan

PAUD dan Daycare Tunas Muda IKKT didirikan pada tahun 2019 dan telah menjalankan kegiatan belajar mengajar, namun baru diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2021 akibat situasi pandemi. Adapun siswa yang ada meliputi Kelompok Usia Bermain (2-5 tahun), TK A (5-6 tahun), dan TK B (6-7 tahun). Selain itu kegiatan belajar mengajar murid PAUD dibagi berdasarkan sentra, bukan kelas, antara lain sentra main peran, sentra balok, sentra imtaq (iman dan taqwa), sentra persiapan (belajar baca tulis), sentra seni, dan sentra bahan alam (mengenal benda padat dan cair), dilengkapi sarana bermain untuk mendukung pelatihan motorik berupa aktivitas fisik hingga seni dan kreativitas.