Wajah Baru Halte Bus Darmo Surabaya, Hasil Program Revitalisasi F&B ID

Wajah Baru Halte Bus Darmo Surabaya, Hasil Program Revitalisasi F&B ID

Artikel
19 Desember 2023

F&B Indonesia (F&B ID / PT Foods Beverages Indonesia) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya, merevitalisasi Halte Bus Darmo di Jalan Raya Darmo, Surabaya, untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna transportasi umum, dan telah diresmikan pada 17 Desember 2023 oleh Tundjung Iswandaru, ST., MM, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, yang hadir mewakili Eri Cahyadi, S.T., M.T., Walikota Surabaya. Halte ini dilewati oleh rute Suroboyo Bus yang beroperasi setiap hari mulai pukul 05.30-22.00 WIB dan Suroboyo Bus Tumpuk (bus tingkat pariwisata). 

Revitalisasi yang dilakukan mulai dari pendesainan ulang halte agar lebih menarik, nyaman, dan fungsional, berupa bangku-bangku nyaman, tanaman hijau, warna yang menarik, dan lampu penanda unik, serta dilengkapi papan pengumuman untuk agenda dan pesan layanan masyarakat dari Pemerintah, juga empat lampu penerangan hemat energi dan kamera CCTV yang terintegrasi dengan jaringan CCTV milik Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Eri Cahyadi mengungkapkan, “Mewakili Pemerintah Kota Surabaya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada F&B Indonesia atas inisiatifnya untuk merevitalisasi Halte Darmo menjadi lebih nyaman, aman, dan menarik. Sebagai informasi, menurut data Dinas Perhubungan Kota Surabaya, setiap harinya Halte Bus Darmo digunakan oleh puluhan masyarakat Surabaya. Sehingga revitalisasi ini pastinya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.”

Lany Cucu, General Manager Marketing F&B ID, menjelaskan, “Kami memilih Halte Darmo karena selain lokasinya yang berada di depan soulfull hub by F&B Indonesia Darmo, Halte Darmo juga menjadi titik tengah rute Suroboyo Bus yang menghubungkan Selatan dan Utara Surabaya, juga salah satu titik pusat aktivitas masyarakat saat Car Free Day (CFD). Dalam proses revitalisasi Halte Darmo, F&B Indonesia turut melibatkan Dinas Perhubungan Kota Surabaya selaku pengelola halte, dan Pemerintah Kota Surabaya. Harapannya, revitalisasi ini bermanfaat tidak hanya bagi pengguna bus, namun juga seluruh masyarakat di Kota Surabaya dan sekitarnya, termasuk para pengunjung soulfull hub by F&B Indonesia. Semoga dengan hadirnya Halte Darmo yang baru, kami dapat semakin memenuhi delapan soulfull pilar yang ingin dihadirkan oleh soulfull hub by F&B Indonesia, terutama pilar positive impact to the surrounding.”

Program Gerakan Sapu Plastik, inisiatif upcycling dalam ekonomi sirkular yang diinisiasi oleh Chatime sejak Februari 2022, juga hadir di soulfull hub by F&B Indonesia Darmo. Gerakan ini bertujuan untuk turut berkontribusi dalam pengurangan dampak dari sampah plastik dengan melakukan pemilahan plastik. Pelanggan bisa berpartisipasi cukup dengan memasukkan gelas plastik Chatime atau gelas dan botol plastik apa pun ke dropbox yang tersedia, untuk diproses dan dikreasikan oleh UMKM menjadi berbagai produk upcycle berkualitas tinggi, mulai dari tas, dompet, sajadah, hingga tempat tidur hewan peliharaan. Hingga saat ini, program ini telah mengumpulkan 2.112 kg sampah plastik atau setara lebih dari 113.000 gelas plastik, lewat 36 titik dropbox di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Surabaya, sehingga mengurangi delapan ton emisi CO2