Nge-Mall Aman dan Nyaman di Masa Transisi

Nge-Mall Aman dan Nyaman di Masa Transisi

Artikel
8 Juni 2022

Pusat perbelanjaan, atau biasa disebut mall, termasuk salah satu destinasi favorit masyarakat untuk berbelanja mencari kebutuhan ataupun sekadar memanfaatkan waktu luang bersama dengan keluarga maupun teman. Memasuki masa transisi dari pandemi ke epidemi, secara bertahap pembatasan kegiatan mulai diperlonggar - seiring dengan kembalinya aktivitas menuju kondisi normal. Begitu pula yang terjadi di mall, di mana pengunjung sudah mulai ramai berdatangan. Hal ini tak bisa dilepaskan dari adanya kebutuhan untuk bersosialisasi secara langsung. Walaupun begitu, diharapkan para pengunjung mall tidak mengabaikan peraturan yang berlaku, agar keamanan dan kenyamanan bersama tetap terjaga. 

Alphonzus Widjaja selaku Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyampaikan, “Dunia bisnis menyambut gembira pelonggaran pembatasan dari pemerintah, antara lain aktivitas di luar ruangan tidak lagi wajib memakai masker. Hal ini disebabkan COVID-19 sudah dapat dikendalikan dengan baik berkat tingginya tingkat vaksinasi masyarakat, baik vaksinasi lengkap yang mencakup tahap pertama dan kedua, ditambah dengan dosis penguat atau booster. Tak hanya dewasa, anak-anak pun sudah divaksinasi, yang menambah ramai tingkat kunjungan karena banyak dari para pengunjung mall adalah keluarga.” 

Alphonzus menambahkan bahwa mall sebagai fasilitas masyarakat juga telah terbiasa dengan protokol kesehatan (prokes), bahkan menjadi proyek percontohan (pilot project) penggunaan mobile app Pedulilindungi sebelum diterapkan pada perkantoran dan wisata. Hanya pengguna aplikasi dengan status hijau - menandakan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap - yang diijinkan memasuki mall. Ditambah pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, penyediaan fasilitas mencuci tangan, hand sanitizer, dan sebagainya, membuat mall hanya bisa dikunjungi oleh pengunjung yang memenuhi persyaratan kesehatan. Bahkan tak jarang masyarakat malah menjauhi mall yang tidak menerapkan prokes dan lebih memilih mall yang taat prokes. 

Melengkapi pernyataan Alphonzus, dari sudut pandang pengelola mall, Adrian Pranata selaku General Manager Living World Alam Sutera mengungkapkan, “Masyarakat mulai meluangkan waktu lebih lama di mall. Jika di masa pandemi hanya satu jam, saat ini di masa transisi menjadi dua hingga tiga jam. Mereka berani karena selain sudah divaksinasi lengkap, juga melihat prokes masih konsisten diterapkan oleh mall. Mengenai vaksinasi, tak hanya pengunjung, karyawan dari pihak pengelola mall dan karyawan toko (tenant) pun sudah divaksinasi lengkap. Mall juga memperbanyak petugas yang mengawasi penerapan prokes. Sejak 2021 Living World dalam berbagai kesempatan juga mengadakan sentra vaksinasi yang melayani pengunjung mall dan masyarakat sekitar, bekerjasama dengan dinas kesehatan dan rumah sakit. Hingga saat ini jumlah peserta yang sudah divaksinasi mencapai lebih dari 28.000 orang.”

Alphonzus dan Adrian menyimpulkan bahwa masyarakat tidak perlu merasa khawatir untuk mengunjungi mall, namun mesti tetap patuh prokes. Dengan bergulirnya aktivitas bisnis seiring situasi yang menuju normal seperti sebelum pandemi, ekonomi diharapkan dapat segera pulih.

Kawan Lama Group dalam pilar bisnis Property & Hospitality menghadirkan pusat perbelanjaan Living World dan Living Plaza. Living World dengan konsep “Home Living, Lifestyle & Eat-ertainment” menawarkan pengalaman berbelanja produk perlengkapan rumah dan gaya hidup terlengkap, serta menikmati beraneka macam kuliner lezat dan event menarik. Living World pertama mulai beroperasi di Alam Sutera, Tangerang tahun 2011, dan yang ke dua hadir di Pekanbaru, Riau tahun 2018, disusul akan dibuka di Denpasar Bali, kemudian Cibubur dan Bekasi. Selain itu terdapat juga Living Plaza, pusat perbelanjaan yang menghadirkan kebutuhan rumah dan gaya hidup lengkap dalam satu lokasi, yang hadir mengusung slogan “One Stop Shopping for Home Furnishing & Lifestyle”. Di dalamnya terdapat berbagai merek toko ritel ternama dari Kawan Lama Group antara lain ACE, INFORMA, Toys Kingdom, dan Chatime. Saat ini terdapat 24 Living Plaza yang tersebar pada berbagai kota besar di Indonesia. 

Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat dalam Instagram Live berjudul "Nge-Mall Aman dan Nyaman di Masa Transisi" yang telah dilaksanakan oleh Kawan Lama Group pada 25 Mei 2022.